Kehamilan

Manfaat Senam Hamil

BOOKLET SENAM HAMIL_opt_compressed (1)

Moms.. yuks rutin senam hamil

Senam hamil dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan ibu hamil dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan dan nifas yang lebih mudah. Senam hamil menunjukkan adanya perbedaan pada durasi, jenis persalinan dan mengurangi nyeri persalinan.

Manfaat   lain   dari   senam   hamil   yaitu dapat membentuk suatu pusat konsentrasi yang baru di dalam otak, sehingga sensasi nyeri selama persalinan dapat  disisihkan  dan  intensitasnya  berkurang. Bersamaan dengan itu dapat membuat tubuh menjadi relaks sehingga rahim dapat bekerja di bawah kondisi optimal, meningkatkan sirkulasi darah dari ibu ke janin, meningkatkan fleksibilitas meningkatkan ketahanan dan tingkat energy, menurunkan ketegangan otot sehingga memudahkan persalinan pervaginam.

Beberapa faktor yang mempengaruhi wanita hamil untuk melakukan senam antara lain pendidikan, pengetahuan dan keamanan. Karakteristik ibu hamil juga mempengaruhi latihan senam hamil seperti kelelahan, tidak adanya keinginan dan kurangnya informasi mengenai manfaat senam hamil. Adanya anggapan bahwa senam hamil memiliki pengaruh negatif terhadap kesehatan ibu dan bayinya sehingga dibutuhkan pemahaman dan informasi yang benar tentang senam hamil.

Tinggalkan Balasan